Bahaya Pewarna Makanan Sintentis Pada Kesehatan

Posted on

Bahaya Pewarna Makanan Sintentis Pada Kesehatan – Makanan mrupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari – hari. Entah itu makanan pokok ataupun makanan tambahan seperti makanan ringan dan sebagainya yang sering kita makan setiap harinya.

Makanan sendiri merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi supaya tubuh kita mendapatkan asupan gizi serta tenaga yang cukup untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari – hari kita, entah itu akan berangkat ke sekolah, ke kantor ataupun pekerjaan lainnya untuk dilakukan.

Makanan sendiri ada dua macamnya yaitu makanan pokok serta makanan ringan. Makanan pokok adalah makanan ynag harus kita penuhi setiap harinya semisal nasi, lauk pauh, sayuran serta buah yang harus dipenuhi setiap harinya.

Sehingga kita akan terpenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kemudian ada pula makanan ringan, yang fungsinya hanya untuk sampingan makanan pokok disaat kita belum memasuki waktu untuk memakan makanan yang berat atau makanan pokok.

Makanan ringan sendiri banyak jenis dan variasinya, ada yang berbentuk bulat, kotak, balok, oval, segitiga, segi lima atau enam, dan masih banyak pula bentuk yang bervariatif serta berinovasi supaya menarik pembeli untuk membelinya.

Untuk ukurannya sendiri sangatlah banyak mulai dari yang kecil, sedang hingga ukuran besar pun ada. Sehingga makin menarik pula orang untuk membelinya dan menjualnya ataupun dimakan di rumah baik itu bersama keluarga serta teman.

Untuk warnanya sendiri sangatlah banyak dan beragam. Tetapi apakah kita tahu warna yang digunakan itu aman atau tidak untuk dikonsumsi oleh kita sendiri ataupun keluarga kita apabila mengkonsumsinya. Sebaiknya kita juga berhati – hati dalam membelinya.

Apabila kita sudah membelinya, sebaiknya kita mengeceknya dengan alat yang bernama spektrofotometer. Yang dimana fungsi alat tersebut adalah untuk membedakan warna yang terlihat sama, jika makanan ynag kita beli menggunakan pewarna makanan buatan.

Pewarna buatan akan terlihat cerah sekali jika dibandingkan dengan warna alami yang berasal dari alam, sehingga akan sangat sulit membedakan antara penggunaan warna yang asli dengan warna yang palsu, sehingga kita harus berhati – hati dalam membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *