Ban Motor

Posted on

Ban Motor – Ban motor merupakan sebuah komponen yang melengkapi sebuah sepeda motor, yang dimana kegunaanya sangatlah diperlukan agar sepeda motor dapat bergerak pada jalanan yang lurus ataupun berkelok dengan kontur jalan yang rata ataupun bergelombang serta berlubang.

Ban sepeda motor sendiri sudah tidak asing lagi bagi para sepeda motor yang dimana setiap harinya menggunakan sebuah sepeda motor ataupun mobil pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ban kendaraan bermotor. Selain itu kini banyak sekali pabrik – pabrik ataupun perusahaan yang memproduksinya.

Pada awalnya ban sebelumnya merupakan sebuah bahan yang terbuat dari kayu yang dimana digunakan untuk kereta kuda supaya bisa berjalan dengan menggunkan tenaga kuda yang menarik kereta tersebut. Sehingga mudah dalam hal menariknya.

Apalagi jaman dahulu orang menggunakan sebuah batu yang dipajat menjadi bentuk lingkaran yang dimana digunakan pada kereta yang terbuat dari kayu juga dengan dipasangi oleh batu tersebut sehingga mudah dapat bergerak dan tidak terlalu berat.

Setelah berkembangnya waktu orang mulai beralih dengan membuat sebuah roda dengan menggunakan sebuah kayu yang dimana kayu tersebut diukir atau dibentuk sehingga menjadikannya bentuk lingkaran yang cukup sempurna.

Dan memasangkannya pada bangian kereta kuda yang akan ditarik oleh kuda supaya dapat bergerak dengan bebas. Setelah penemuan bahan karet, barulah orang mengambil alih pembuatan sebuah roda dengan menggunakan bahan karet tersebut.

Yang dimana bahan karet tersebut mudah untuk dibentuk menjadi lingkaran dan kualitasnya pun juga terjamin. Apalagi banyak sekali pabrik – pabrik yang sudah beroprasi yang membuat berbagai macam roda yang digunakan oleh para pengendara kendaraan bermotor tersebut.

Ban kendaraan yang terbuat dari karet haruslah dicek kondisinya setiap tahunnya karena ban yang terbuat dari karet selain mempunyai keunggulan juga mempunyai kelemahan yang diantara kelemahan tersebut adalah ban yang mudah halus permukaanya.

Ban yang halus permukaanya dapat membahayakan pengendara apabila melintasi daerah yang licin dan juga bisa membuatnya terpeleset. Untuk mengecek dari kekasaran tersebut bisa menggunakan alat pengukur kekasaran untuk mengukur kekasaran dari ban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *