Biji Kedelai

Posted on

Biji Kedelai – Biji kedelai sendiri merupakan sebuah jenis tanaman yang berasal dari jenis biji – bijian yang digunakan untuk membuat beberapa macam barang seperti tahu, tempe yang dimana makanan – makanan tersebut mengandung beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein yang banyak sekali terdapat pada kedelai.

Kedelai sendiri merupakan sebuah tanaman yang dimana masuk ke dalam kategori biji – bijian, yang dimana tanaman ini sangatlah tumbuh subur di Indonesia. Sehingga populasi tanaman ini sangatlah banyak sekali bahkan di pelosok – pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Kedelai sendiri digunakan untuk membuat beberapa macam makanan seperti tahu dan tempe yang dimana mengandung beberapa protein yang tinggi sehingga sangat cocok sekali sebagai makanan pendamping nasi yang dimana makanan seperti tahu dan tempe mengandung kandungan protein.

Kedelai sendiri ditanam pada lahan yang subur pada daerah tropis serta sangatlah banyak sekali jumlahnya dalam satu pohonnya. Sehingga produksi sebuah kedelai pun khususnya di Indonesia sendiri sangatlah melimpah hasilnya serta bisa dieksport ke luar negeri.

Untuk jenisnya sendiri, kedelai yang ditanam di Indonesai ada dua jenis yaitu kedelai putih serta kedelai hitam. Yang dimana setiap kedelai tersebut mempunyai fungsi serta kegunaannya masing – masing yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Yang pertama biji kedelai putih, biji kedelai putih sering digunakan untuk membuat berbagai jenis masakan serta olahan yang berhubungan dengan kedelai itu sendiri, semisal contohnya adalah tempe. Tempe sendiri merupakan makanan yang berasal dari kedelai putih yang dibuat dengan cara difermentasikan dengan jamur sehingga membentuk sebuah tempe.

Adapula makanan lainnay yaitu tahu. Tahu senidri sudah tidak asing lagi oleh orang – orang Indonesia, apalagi tahu sendiri sudah dijual dibeberapa toko ataupun supermarket yang memang di dalamnya menjual berbagai produk olahan seperti tahu sendiri.

Sehingga biji kedelai putih lebih dominan untuk membuat makanan dan jugaolahan yang lainnya yang memerlukan kedelai putih untuk membuatnya. Yang kedua adalah biji kedelai hitam, kedelai hitam sendiri merupakan salah satu jenis kedelai yang ada di Indonesia.

Kedelai hitam sendiri lebih dominan digunakan untuk membuat sebuah olahan kecap yang dimana sering sekali digunakan untuk memasak ibu di dapur. Dan proses pemilihannya pun menggunakan alat ukur kadar air yang fungsinya untuk memilih biji kedelai yang mempunyai kandungan air yang pas sehingga mudah untuk diolahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *