Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Posted on

Cara membedakan madu asli dan palsu – Madu merupakan cairan kental seperti sirup yang dihasilkan dari fermentasi alami yang terjadi di dalam tubuh lebah. Sudah tidak diragukan lagi kalau madu ini punya segudang manfaat untuk kita baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Sudah sejak zaman dahulu madu mulai digunakan untuk keperluan pengobatan bahkan hingga kecantikan. Bahkan di dalam Al-Qur’an juga dijelaskan kalau madu ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa.

Namun harus Anda ketahui kalau semua manfaat ini hanya bisa didapatkan bila Anda mengkonsumsi madu yang asli, karena pada zaman sekarang ini juga banyak beredar madu palsu yang secara sekilas sangat mirip dengan madu asli. Bila Anda kuran jeli atau tidak tahu cara membedakan antara madu asli dan madu palsu mungkin Anda dapat terkecoh.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membedakan madu asli dan palsu yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah :

1. Menguji madu dengan memasukkannya ke dalam air

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah memasukkannya ke dalam air, dengan hal ini Anda dapat mengetahui apakah madu yang Anda beli itu adalah madu asli atau campuran atau bahkan palsu.

Cara membedakannya adalah dengan melihat madu tersebut setelah di masukkan ke dalam air apabila madu tersebut asli maka madu akan tenggelam dan tidak bercampur atau larut dengan air. Bila madu tersebut ikut larut dalam air maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut tidak murni atau madu campuran / palsu.

2. Menggunakan korek api untuk menguji keaslian madu

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan korek api yang berbentuk pentul. Pertama – tama Anda lumuri pentul korek api tersebut dengan madu yang ingin Anda uji. Apabila Anda sudah melakukan hal tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan menggesekan pentul korek tersebut seperti saat Anda akan menyalakannya. Indikatornya adalah bila madu tersebut asli maka korek api tersebut dapat menyala seperti biasa, namun bila pentul korek tersebut tidak menyala maka ada kemungkinan bahwa madu yang Anda uji tidaklah murni atau bahkan palsu.

3. Dengan memasukkan madu ke dalam lemari es
Bila Anda mempunyai kulkas atau lemari pendingin di rumah maka setelah Anda membeli madu di pasaran Anda dapat mengujinya terlebih dahulu. Pengujian cukup dengan memasukkan madu tersebut ke dalam frezer kulkas Anda dan diamkan selama beberapa jam. Bila madu yang Anda beli adalah asli maka madu tersebut tidak akan membeku namun tetap seperti keadaan semula. Bila madu tersebut membeku atau setengah membeku maka madu tersebut tidaklah asli atau murni melainkan madu tersebut madu campuran bahkan palsu.

4. Menguji madu dengan kertas
Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan meneteskan madu tersebut pada selembar kertas. Diamkan selama beberapa saat kemudian singkirkan madu tersebut dari kertas. Bila sudah Anda dapat mengujinya dengan mencoba merobek kertas tersebut, bila kertas tersebut sangat mudah untuk dirobek maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut palsu atau campuran. Namun bila kertas tersebut masih agak sulit dirobek maka dapat dipastikan madu tersebut adalah madu asli.

5. Dengan menggunakan alat ukur kadar air madu atau refraktometer
Selain cara yang telah dibahas sebelumnya untuk dapat mengetahui dengan akurat maka Anda dapat menguji madu yang Anda beli dengan alat ukur. Alat ukur ini bernama refraktometer guna mengukur kadar air atau brix madu. Brix ini merupakan jumlah padatan yang terlarut dalam setiap 100 gr madu. Madu yang asli pasti akan memiliki kadar air yang sangat rendah yang akan sangat berbeda dengan madu palsu yang akan memiliki kadar air tinggi.

Incoming search terms:

  • jurnal refraktometer
  • madu asli dapat terlarut dengan air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *