Cara Mengendalikan Gula Darah Dalam Tubuh

Posted on

Cara Mengendalikan Gula Darah Dalam Tubuh – Kesehatan dalam tubuh harus selalu dijaga, salah satu yang penting adalah gula darah dalam tubuh. Ada suatu penyakit yang bernama diabetes, dimana penyebabnya adalah kandungan gula dalam darah terlampau banyak, biasanya ini disebabkan oleh pankreas yang tidak bekerja dengan baik untuk membentuk insulin.

Cara Mengendalikan Gula Darah Dalam Tubuh

Dalam kehidupan masyarakat, sering kali banyak anggapan bahwa penyakit gula atau kencing manis merupakan penyakin orang-orang kaya, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang oleh orang miskin. Karena hal ini bukan masalah miskin atau kaya karena semua itu bisa terjadi karena pola hidup dan keturunan.

 

Penyakit diabetes ini terbagi menjadi dua yaitu ada yang terkena diabetes sejak lahir dan diabetes di usia menjelang senja. Penyakit ini saat ini masih sulit untuk disembuhkan namun penyakit ini masih bisa dikendalikan. Inilah langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengendalikan gula darah.

1. Obat

Terkadang apabila obat sudah tidak lagi mampu menurunkan gula darahnya, sunitik adalah solusinya. Dokter biasanya akan menyuntikan orang yang terkena diabetes tersebut dengan insulin setiap pagi dan petang. Penderita penyakit diabetes harus melakukan pemerikaan ke dokter paling tidak sekali dalam setahun.

2. Tes darah

Ada alat sebenarnya yang bisa digunakan untuk memeriksa tingginya gula darah dan sudah banyak dijual di pasaran. Anda tidak perlu ke dokter untuk memeriksa gula darah, tetapi Anda bisa menggunakan alat untuk pengecek gula darah.

3. Makanan

Di jaman now banyak makanan yang malah hanya menambah tinggi gula darah. Menjaga apa yang Anda konsumsi merupakan solusinya. Penderita diabetes tidak bisa makan secara sembarangan namun harus dijaga pola dan asupan makanannya. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat karena akan dilah tubuh menjadi glucose atau gula, makanan tersebut diantaranya adalah nasi, roti, kentang, pasta, bakmi. Makan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung protein seperti ikan, dada ayam, susu, dan telur. Sayur-sayuran juga baik untuk dimakan. Untuk buah-buahan juga tidak boleh sembarangan, tidak boleh makan buah mangga yang terlalu manis, nangka, nanas, rambutan dan juga pisang.

4. Tidur

Semua manusia butuh yang namanya tidur, namun bagi penderita diabetes tidur harus cukup yaitu kurang lebih 8 jam sehari. Hal ini sangat penting, karena hal ini akan membantu pankreas untuk membentuk insulin yang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

5. Olahraga

Semua orang membutuhkan yang namanya olahraga, namun bagi penderita gula darah, berolahraga akan membantu membentuk insulin. Olah raga sekitar 30 menit. Olah raga jalan kaki, bersepeda dan kegiatan apa yang bisa Anda sukai. Meskipun kadang penderita akan merasakan rasa sakit dikakinya, namun ini bermnafaat bagi kesehatan Anda.

Tips diatas butuh konsisten dan rutin untuk dilakukan, jadi bersemangatlah