Jenis-Jenis Pencahayaan

Posted on

Jenis-Jenis Pencahayaan – Pencahayaan atau yang sering disebut lighting adalah faktor yang sangat besar untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman yang sangat berkaitan erat dengan produktivitas manusia dalam melaksanakan pekerjaannya . Pencahayaan yang bagus juga memungkinkan orang untuk melihat objek disekitar yang dikerjaan secara jelas, cepat dan tepat. Light meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya.

Jenis-jenis Pencahayaan :

  • Pencahayaan alami adalah sumber cahaya yang berasal cahaya sinar matahari. Biasanya sinar alami ini mempunyai banyak keuntungan seperti menghemat energi listrik dan juga bisa untuk membunuh kuman dan bibit-biti penyakit disekitar ruangan. Pencahayaan ini bisa didapat dengan masuknya cahaya matahari yang masuk kedalam ruangan melalui jendela ataupun celah dari bangunan itu sendiri.
  • Pencahayaan buatan ialah pencahaayan yang¬† biasanya ditimbulkan dari cahaya selain cahaya alami. Pencahayaan ini sangat dibutuhkan apabila pencahayaan alami tidak bisa kita peroleh atau pencahayaan alami tidak mencukupi.

Pengertian tempat kerja menurut UU no 1 tahun 1970  adalah ruangan atau lapangan baik tertutup atau terbuka yang berpindah-pindah ataupun menetap dan biasanya terdapat orang yang bekerja atau pegawai yang bekerja untuk keperluan suatu usaha atau yang lainnya.

Light Meter berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya, maka dari itu dengan menggunakan alat ini dapat mengatur kualitas cahaya baik ditempat kerja ataupun yang lainnya.

Pencahayaan ditempat kerja merupakan faktor terpenting karena secara umum manusia mengerjakan pekerjaannya sebagian besar menggunakan mata. Dan jika pencahayaan ditempat kerja kurang optimal maka pekerjaan yang dihasilkan tidak akan maksimal. Berikut kualitas pencahayaan yang baik di tempat kerja.

  • Brightness Distribution ialah kontras tinggi yang cocok untuk melakukan penerimaan detail, variasi yang berlebih pada luminasi juga menimbulkan munculnya masalah. Dan perbandingan kontras cahaya pada tempat kerja tidak lebih dari 3 sampai 1.
  • Cahaya yang sangat silau juga sangat mengganggu terutama di tempat kerja.
  • Bayang-bayang yang tajam adalah akibat dari adanya sumber cahaya buatan yang kecil atau berasal dari cahaya matahari langsung.
  • Background, Latar belakang pada tempat kerja sebetulnya dibuat sederhana karena jika latar belakang yang kacau harus dihindari.

 

Incoming search terms:

  • jenis jenis pencahayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *