Kekasaran Pada Mesin Motor

Posted on

Kekasaran Pada Mesin Motor – Motor sendiri merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk saar ini. Bahkan motor sendiri merupakan kendaraan nomor 1 yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari – hari.

Motor sendiri merupakan sebuah kendaraan bermesin yang hanya bisa dinaiki oleh maksimal adalah dua orang dan mempunyai dua roda untuk dapat bergerak. Selain itu dilengkapi pula dengan beberapa perlengkapan berkendara demi keselamatan dalam berkendara.

Motor sendiri terdari beberapa macam yaitu motor yang menggunakan mesin gigi, motor yang menggunakan mesin gigi dengan kopling, dan yang sering dipakai adalah motor dengan mesin matic. Banyak sekali produsen – produsen pembuat sepeda motor yang memasarkan produknya di Indonesia.

Bahkan mereka juga membuat bengkel resmi mereka yang satu daerahnya bisa mencapai dua atau tiga bengkel resmi bertaraf internasional, sehingga dalam proses perbaikannya pun sesuai dengan standar yang berlaku pada saat pembuatannya.

Untuk motor sendiri pada saat proses perbaikannya biasanya meneliti beberapa bagian motor yang biasanya sering terjadi kerusakan seperti mesin motor, ban motor hingga rem pada motor. Untuk mesin motor sendiri ada beberapa kerusakan yang sering terjadi.

Yang pertama adalah kerusakan pada mesin bagian luar sendiri semisal ada yang kasar permukaannya sehingga harus menggantinya dengan yang baru ataupun memperbaikinya. Untuk melihat kekasarannya kita bisa menggunakan alat yang bernama roughness tester.

Fungsinya adalah untuk mengecek bagian dari kekasaran tersebut supaya kita tahu seberapa kasarnya mesin dari motor tersebut. Dengan mengetahui kekasarannya kita bisa tahu bagian mana serta seberapa kasarkah mesin motor tersebut.

Yang kedua biasanya mesin yang memerlukan ganti pada olinya. Karena mesin motor sendiri memerlukan oli sebagai pelumas supaya dapat bekerja dengan baik dan lancar, serta tidak menyebabkan mesin menjadi panas secara berlanjut.

Berikutnya adalah pada ban yang sudah berumur, serta digunakan cukup lama sehingga ban kendaraannya pun haruslah diganti setelah pemakaian yang cukup lama agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diingingkan sehingga kita lebih aman dalam berkendara di jalan.

Dan yang terakhir adalah rem pada motornya, rem yang sudah terlalu lama dipakai dan jarang sekali melakukan perawatan pastinya akan mengalami pada saat mengerem pastinya akan terasa lebih dalam untuk mengeremnya, sehingga rem tersebut haruslah di ganti pada kampasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *