Kontruksi Baja Yang Kuat

Posted on

Kontruksi Baja Yang Kuat – Sebuah kontruksi sangat dibutuhkan untuk sebuah bangunan yang kokoh dan kuat. Sehingga bangunan tersebut tahan terhadapat segala tantangan seperti gempa yang terjadi, dan bangunan tersebut hanya beberapa bagian saja yang rusak.

Konstruksi yang kuat merupakan salah satu faktor dari bangunan tersebut dapat bertahan lama dan aman dari berbagai gangguan. Semisal kalau terjadi gempa pun bangunan tersebut tidak akan langsung hancur, melainkan hanya bagian – bagian tertentu yang hancur.

Sehingga pemilihan bahan yang baik serta berkualitas pun sangat diutamakan untuk membuat sebuah kontruksi yang baik dan kokoh. Jadi jika ingin membuat sebuah bangunan yang bagus, serta kokoh buatkah sebaik mungkin dengan biaya yang seimbang dengan kualitas dari bahan bangunan tersebut.

Untuk membuat sebuah bangunan pun dibutuhkan sebuah kerangka seperti baja serta besi beton. baja sendiri ada dua macam yaitu baja yang berat serta baja yang ringan. Baja – baja tersebut memiliki fungsi dan perannya masing – masing dalam proses pembangunan semisal gedung.

Untuk baja yang bisa dibilang berat, digunakan sebagai pondasi utama dalam pembuatan bangunan seperti kerangka lantai ataupun tiang – tiang penyangga yang ada di gedung yang akan dibangun. Sedangkan baja ringan sendiri baisanya digunakan untuk membuat atap dari sebuah bangunan semisal gedung sekolahan.

Mengapa tidak dipakai di gedung perkantoran ?, karena gedung perkantoran menggunanakan semen yang dicor pada permukaannya sehingga bagian atas dari gedung tersebut masih dapat digunakan untuk hal – hal ynag diperlukan.

Sementara itu baja ringan juga sering digunakan pada saat sekarang seperti pembuatan rumah pada perumahan ataupun bangunan – bangunan lainnya seperti museum lalu pada gedung permanen yang sangat membutuhkan ketahan terhadap guncangan gempa.

Untuk besi beton sendiri berfungsi sebagai pondasi yang mendukung pembangunan gedung perkantoran. Gedung tersebut biasanya pada saat pembangunan awalnya dibuat yang namanya kaki ayam, mengapa disebut demikian. Karena fungsinya sama yaitu mencengkram apa yang ada  di atasnya.

Fungsinya yaitu untuk menopang bangunan supaya kokoh saat menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Dan untuk memilih yang berkekuatan keras dan kokoh bisa menggunakan alat yang bernama hardness tester, yang fungsinya untuk mengukur seberapa keras besi serta baja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *