Manfaat Biji Kopi

Posted on

Manfaat Biji Kopi – Biji kopi merupakan salah satu komoditas tanaman yang banyak sekali di Indonesia, karena selain mudah untuk ditanam, biji kopi juga mempunyai harga jual yang tinggi sehingga banyak sekali cafe – cafe yang menjual banyak minuman dai jenis kopi.

Biji kopi sendiri bukan merupakan tanaman khas asli Indonesia, melainkan dibawa oleh para penjajah dari negeri asalnya seperti di Brazil dan juga negara bagian Afrika yang terkenal dengan komoditas tanaman kopi mereka yang sangat mahal – mahal harganya.

Kopi bisa diolah menjadi olahan – olahan yang terkenal seperti halnya minuman. Karena kopi sering sekali dibuat untuk bahan minuman yang sangat enak serta bisa dicampurkan dengan hal lainnya seperti krim serta susu yang membuat cita rasa dari kopi tersebut akan semakin enak serta nikmat.

Kopi yang sering ada di Indonesia adalah jenis robusta serta arabika. Yang dimana kedua kopi tersebut merupakan dua komoditas yang terbesar yang ada di Indonesia serta merupakan salah satu dari kopi terbaik dan termahal yang ada di dunia sehingga banyak sekali yang tertarik untuk membelinya.

Kopi sebelum menjadi minuman yang biasa kita nikmati haruslah melalui beberapa proses yang diantaranya adalah dengan menanam terselbih dahulu biji kopi dengan varietas yang baik serta bermutu, sehingga produk kopi yang dihasilkan pun akan semakin baik hasilnya.

Setelah kopi ditanam selama beberapa bulan, kemudian akan tumbuh buah kopi yang biasanya berwarna hijau jika belum matang dan akan berubah warnanya menjadi merah yang menandakan bahwa biji kopi tersebut siap untuk dipanen dan diproses.

Setelah pemanenan proses selanjutnya adalah penyortian dengan menggunakan mesin ataupun dilakukan secara manual sehingga dipilihah biji kopi yang berkualitas dan selanjutnya adalah melakukan pelepasan pada biji kopi sehingga didapatkan bijinya saja.

Setelah diproleh biji kopi pastikan kadar airnya pas sesuai dengan standar, dengan menggunakan alat yang bernama moisture meter sehingga bisa mengukur kadar air pada biji kopi. Setelah proses ini barulah biji kopi disangrai serta diolah menjadi bubuk kopi yang akan dibuat menjadi sebuah minuman.

Dan juga biji kopi memiliki manfaat yang sangat baik diantaranya adalah bisa meningkatkan stamina jika sedang bekerja merasakan kantuk yang amat sangat, bisa menggunakan minuman kopi untuk meredakan kantuk tersebut sehingga bisa bekerja seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *