Manfaat Susu Kedelai

Posted on

Manfaat Susu Kedelai – Susu merupakan salah satu dari berbagai jenis minuman yang ada di dunia, dan banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam sebuah susu yang diantaranya adalah kalsium yang berfungsi untuk membantu tulang dalam proses pertumbuhannya.

Susu sendiri merupakan sebuah minera atau orang biasanya menyebutnya dengan minuman yang terbuat dari berbagai jenis bahan hewani serta nabati yang dimana mempunyai sebuah kandungan susu yang mengandung protein yang tinggi.

Biasanya susu yang dikenal oleh masyarakat biasanya terbuat dari sapi perah, Sapi perah sendiri adalah hewan peternak yang digunakan untuk menghasilkan sebuah minuman yang disebut dengan susu dengan cara memerah sapi tersebut pada umur yang sudah ditentukan.

Setelah susu diperoleh dari sapi perah, selanjutnya adalah memproses susu sapi tersebut supaya kandungan bakteri yang jahat bisa mati. Ada pula yang mencobanya ketika habis diperah langsung diminum dan rasanya pun masihlah tawar dan hambar.

Susu sapi juga digunakan untuk produk – produk minuman yang sangat digemari oleh anak – anak yang dimana harus melalui tahapan yang mengharuskan susu sapi tersebut diolah hingga masuk ke dalam kemasan susu yang digunakan untuk diminum oleh anak – anak.

Tetapi sering kali yang kita lihat adalah banyak sekali anak yang alergi terhadap susu sapi, bukan karena tidak suka dengan susunya, melainkan kandungan protein pada susu sapi yang tidak bisa dicerna oleh sebagian anak – anak yang mengonsumsi susu sapi tersebut.

Dan bagi anak yang alergi terhadap susu sapi bisa menggantinya dengan alternatif yang lain, yaitu susu yang berasal dari bahan nabati seperti susu kedelai. Susu kedelai mempunyai kandungan yaitu tinggi protein serta rendah lemak yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak – anak dalam masa pertumbuhan.

Dimana untuk memproleh susu kedelai sangatlah mudah, bisa dibeli di toko – toko kecil maupun supermarket, yang harganya juga terjangkau oleh banyak kalangan masyarakat. Serta bisa dibuat di rumah menggunakan alat dan bahan yang sederhana.

Bahannya sangatlah sederhana, hanya kedelai serta air dan saringan. Pertama adalah memilih kedelai yang akan digunakan untuk membuat susu kedelai dengan menggunakan alat yang bernama moisture meter, fungsibya adalah memilih biji kedelai yang berkualitas.

Proses berikutnya adalah dengan menggiling kedelai menggunakan air, yang dimana hasi dari penggilingan kedelai tadi disaring kemudian direbus dan jadilah susu kedelai yang bisa menjadi alternatif anak yang alergi terhadap susu sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *