Membuat Kopi Sendiri Di Rumah

Posted on

Membuat Kopi Sendiri Di Rumah – Pastinya kita pasti pernah meminum kopi entah itu sehari sekali ataupun seminggu sekali atau bahkan lebih. Kopi juga merupakan minuman khas Indonesia yang sangat dinikmati baik kalangan anak muda hingga orang dewasa. Kopi juga biasanya diminum sebelum berangkat untuk bekerja ataupun sesudah sarapan.

Kopi sendiri merupakan sebuah minuman seduh yang disajikan pada sebuah gelas yang brasal dari biji kopi. Biji kopi sendiri banyak jenisnya, tetapi yang paling dikenal masyarakat luas adalah kopi robusta serta arabika. Kopi sendiri untuk wilayah Indonesia sangatlah melimpah.

Kopi bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan dari benua Afrika. Dan mengapa bisa sampai ke Indonesia ?, karena pada masa penjajahan Belanda, dimana tanaman – tanaman rempah serta bisa menyejukan badan sangatlah dibutuhkan. Sehingga pada masa kependudukan Belanda sendiri, kopi dibawa dari Afrika yang kemudian di tanam di Indonesia.

Karena lokasi serta kontur tanah yang bagus, sehingga ketika ditanami tanaman kopi, menjadikan pohonnya tumbuh sangat subur. Apalagi iklim di Indonesia merupakan iklim tropis yang bagus untukberbagai jenis tanaman. Tanaman kopi tumbuh sangat baikk di kawasan Jawa Barat, selain kondisinya yang dominan perbukitan, tanah di sana sangat subur.

Sehingga menjadikan Indonesia salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Menjadikan kopi sebagai salah satu minuman khas Indonesia serta buah tangan jika pengunjung dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke suatu daerah.

Lalu bagaimana membuat kopi yang enak di rumah, pastinya kita akan berpikir akan lebih praktis untuk membeli kopi instan di warung ataupun toko terdekat di rumah kita. Pastinya itu yang terpikirkan di benak kita, tapi bagaimana membuat kopi buatan sendiri tanpa membelinya.

Hal pertama jika ingin membuat kopi di rumah adalah menyiapkan biji kopi pilihan. Jika bingung beli dimana, banyak terjual di kafe khusus menjual kopi ataupun supermarket terdekat. Yang berikutnya adalah menyangrainya, jika tidak ingin menyangrainya bisa membeli kopi yang sudah menjadi bubuk. Selanjutnya adalah mengetahui kadar air dari kopi yang kita sangrai menggunakan alat pengukur kadar air, supaya kopi yang kita buat benar – benar enak.

Yang berikutnya adalah menghancurkan kopi menjadi bubuk, kemudian masukkan ke dalam gelas, tinggal kita menambahkan gula sesuai keinginan, dan terakhir adalah tambahkan air panas ataupun jika kita ingin yang sejuk bisa tambahkan dengan air es atau es batu. Dan sangatlah mudah membuat kopi di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *