Mengenal Tanaman Padi

Posted on

Mengenal Tanaman Padi – Siapa yang belum mengenal tentang jenis tanaman padi, pastinya semua orang pernah menanam ataupun melihat tanaman padi yang di tanam pada sebuah tempat yang orang sering menyebutnya dengan istilah persawahan yang sangat banyak sekali jumlahnya apalagi di daerah pedesaan yang masih alami.

Tanaman padi sendiri merupakan sebuah tanaman jenis bahan makanan pokok yang merupakan tanaman khas Indonesia yang dimana sering ditanam serta dirawat pada lahan persawahan yang sering kita temui dibeberapa daerah pedesaan yang masih alami.

Tanaman padi ditanam oleh masyarakat Indonesia yang dikenal dengan petani. Petani sendiri merupakan seseorang yang menanam padi di sawah serta merawat serta memanen padi untuk digunakan untuk menghasilkan beras yang akan digunakan untuk memasak nasi.

Tanaman padi sendiri di Indonesia sangatlah banyak sehingga Indonesia dikenal dengan nama negara agraris yang dimana julukan tersebut diberikan kepada Indonesia karena Indonesia merupakan satu – satunya penghasil beras serta tanaman padi terbanyak di seluruh dunia.

Sehingga kita patut berbangga serta melestarikan tanaman padi yang ada di persawahan yang kian hari kian menipis jumlah lahan yang digunakan untuk menanam tananam padi. Padi pada awalnya merupakan bibit yang ditanam pada sebuah bidang tanah sebelum ttumbuh menjadi padi berukuran kecil.

Setelah beberapa hari atau minggu, setelah tunas barulah tanaman padi tersebut dipindahkan ke lahan yang lebih besar yaitu persawahan. Dimana dilakukan oleh para petani yang sudah berpengalaman dalam menanam tanaman padi tersebut.

Menanamnya pun menggunakan cara tersendiri yaitu dengan menanamnya dengan cara mundur ke belakang agar tanaman tidak terinjak injak. Setelah dilakukan proses penanam barulah dilakukan proses pengairan pada tanaman padi dan juga pengemesan yang fungsinya membunuh hawa yang mengganggu tanaman padi.

Setelah berumur beberapa bulan, barulah padi kemudian dipanen dan juga dipisahkan dari batang padinya dengan cara menggunakan mesin pemisah antara biji padi dengan tanaman padi sehingga diperoleh biji – biji padi yang bermutu serta berkualitas.

Untuk menentukan kualitas dari biji padi tersebut, bisa menggunakan alat pengukur kadar air yang dimana fungsinya untuk mengukur kadar air. Sehingga biji padi tersebut didapatkan sebuah biji padi ataupun beras yang berkualitas baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *