Mengukur Kecepatan Angin Kencang

Posted on

Mengukur Kecepatan Angin Kencang –  Angin sendiri tidak pernah lepas dari kehidupan kita sendiri sebagai makhluk yang menghuni di bumi ini, sehingga perannya pun sangatlah penting sehingga banyak sekali makhluk hidup yang memanfaatkan angin untuk hidup.

Angin sendiri meupakan sebuah udara yang berhembus dari satu arah ke arah yang lain ataupun sebaliknya dari suatu tempat ke daerah yang lainnya, sehingga kekuatannya pun tergantung tempat dari angin tersebut berasal dan berhembus.

Angin sendiri bisa dilihat kekuatan serta arah pergerakannya menggunakan satelit yang berada di angkasa untuk melihat keadaaan angin yang berhembus dari satu pulau ke pulau yang lainnya sehingga sangat baik juga untuk memprediksikan cuaca yang akan terjadi.

Angin sendiri ada yang merugikan serta menguntungkan kehidupan makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, serta hewan. Kerugian yang disebabkan oleh angin diantaranya adalah jika terjadi angin puting beliung misalnya, bisa menghancurkan segalanya.

Seperti pohon yang berdiri kokoh pun akan roboh, rumah akan terbawa oleh angin jika mempunyai kontruksi yang tidak kuat sehingga akan luluh lantah menjadi tanah. Sehingga menyebabkan kerugian baik material maupun non material.

Dengan kerugian seperti itu pastinya kita sudah merasakan ketakutan serta ketraumaan akan hal yang sama tadi, sehingga kita akan timbul rasa sedih yang mendalam akibat musibah yang telah terjadi serta tidak bisa berbuat apa – apa terhadap apa yang sudah terjadi.

Angin pun selain merugikan juga menguntungkan seperti untuk membantu pesawat ketika akan terbang dari bandara ke udara dengan memanfaatkan angin tersebut untuk mengangkat sayap pada pesawat dan juga pada saat mendarat pun sama.

Sebelum dilakukan pelendingan pun, kecepatannya haruslah diukur dengan menggunakan alat yang bernama anemometer,  yang fungsinya adalah untuk mengukur kecepatan dari angin yang sedang terjadi sebelum take off dari pesawat tersebut.

Dan juga angin dimanfaat oleh tumbuhan untuk berkembang biak seperti menaburkan benang sari ke putik supaya dapat berkembang biak menjadi lebih banyak serta dapat berkembang hingga jumlahnya pun tidaklah sedikit lagi. Dan masih banyak tumbuhan yang memanfaatkannya.

Ada pula hewan yang memanfaatkan angin untuk kehidupan seperti burung, yang terbang menggunakan angin supaya dapat bertahan ketika mengepakan sayapnya di udara. Jadi banyak sekali manfaat angin dibandingkan dengan kerugiannya yang seberapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *