Inilah Mikroba yang Dapat Menaikkan PH Tanah

Posted on

Mikroba yang Dapat Menaikkan PH Tanah – PH yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat menjadi masalah untuk pertumbuhan tanaman, jadi Anda perlu mengetahui PH pada tanah yang akan atau yang sedang digunakan untuk bercocok tanam. Tanah merupakan salah satu media alami yang sangat berguna dalam kegiatan bercocok tanam. Setiap tanah memiliki kandungan unsur hara yang berbeda-beda jadi tingkat kesuburan pada beragam tanah pastilah berbeda.

Mikroba yang Dapat Menaikkan PH Tanah

Hubungan antara PH tanah dengan kesuburan tanah karena kemampuan tanaman menyerap unsur hara yang dilakukan oleh akar tanaman akan terganggu jika derajat keasaman pada tanah ini tidak sesuai dengan karakteristik tanaman tersebut. Mengingat salah satu faktor keberhasilan bercocok tanam adalah tanah yang subur maka PH tanah perlu diperhatikan agar akar tanaman dapat maksimal dalam melakukan tugasnya. Untuk mengukur PH Tanah ini dibutuhkan alat yang bernama PH Meter. Beli saja ph meter secara online di toko yang menjual ph meter.

Untuk menaikan PH tanah Anda bisa juga menggunakan bantuan mikroba tertentu. Permasalahan PH tanah memang sudah menjadi hal yang krusial sejak dulu. Di pulau jawa umumnya tanah bereaksi masam, ada juga daerah lain yang bereaksi basa. Menurut Prof. Iswandi Anas, pH tanah seperti temperatur suhu manusia. pH tanah bisa memberikan banyak informasi tetant ‘status kesehatan’ tanah.

PH tanah yang baik dan ideal adalah mendekati angka 7 pada skala ph meter tanah. Jika lebih rendah dari 7 maka Anda bisa menggunakan bantuan mikroba. Namun sayangnya mikroba ini tidak bisa didapatkan dengan mudah karena mikroba ini tidak dijual dipasaran secara bebas. Menurut kabar, BPPT yang sudah mengembangkan tehnik ini di lahan gambut. Sama dengan tehnik MEOR, mikroba harus lulus tes mampu bersimbiosis mutualisme dengan lingkungannya.

Jadi apabila ada yang berhasil menemukan mikroba yang dapat menaikan PH tanah secara sederhana, mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar tentu ini akan sangat membantu untuk menangani tanah-tanah yang terlalu masam karena PH yang rendah. Seiring berjalannya waktu dan ujicoba yang dilakukan, semoga ditemukan mikroba yang dapat menaikan PH Tanah dan bisa didapatkan dengan mudah. Jika ada yang tau mengenai mikroba yang dapat digunakan untuk menaikan PH tanah dapat berdiskusi dihalaman komentar dibawah ini.

One thought on “Inilah Mikroba yang Dapat Menaikkan PH Tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *