Pembuatan Plat Kendaraan Mobil

Posted on

Pembuatan Plat Kendaraan Mobil – Sebuah plat pada kendaraan merupakan sebuah keharusan, karena plat tersebut merupakan tanda dari kendaraan tersebut sehingga mudah dikenali oleh para petugas ataupun orang jika kita menggunakan kendaraan tersebut.

Plat sendiri merupakan sebuah tanda nomor kendaraan yang dimana fungsiny auntuk mengidentifikasi dari sebuah kendaraan yang baru dibeli ataupun sudah lama dipakai sehingga akan mudah diidentifikasi dan membedakannya dengan kendaraan milik orang lain.

Plat nomor sendiri di Indonesia sangatlah bergamam seri dari nomor tersebut, karena setiap kabupaten di Indonesia menggunakan nomor seri yang berbeda – beda sehingga kita bisa mengetahui dari mana kendaraan tersebut berasal dan ataupun dibeli dimana.

Dengan diberinya plat nomor pada kendaraan diharapkan bisa membantu dalam mengidentifikasi dari masing – masing kendaraan tersebut, karena kendaraan di indonesia sendiri sangatlah banyak yang memiliki serta jumlahnya yang kian tahun kian bertambah banyak.

Dan kepolisian pun membuat plat kendaraan dengan seri nomor dari setiap daerah berbeda – beda agar apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa menggunakan plat tersebut untuk mengidentifikasi dari mana kendaraan tersebut berasal.

Untuk proses pembuatannya sendiri menggunakan sebuah plat besi yang halus sehingga apabila dipasang tidak merugikan baik pengguna maupun pembuat dari plat kendaraan tersebut. Yang pertama – tama adalah bgai yang sudah membeli kendaraan akan diproses oleh perusahaan kendaraan tersebut seperti mobil.

Mereka akan mendatangi kantor kepolisian untuk mendaftarkan endaraan tersebut supaya diberi plat tanda nomor kendaraan. Setelah didaftarkan, akan diberi seri nomor plat kendaraan tersebut dan diberi plat kendaraan sementara sebelum yang asli dibuat.

Kemdian plat tersebut akan diproses dengan menggunakan alat dan bahan seperti plat besi. Yang dimana plat tersebut akan diberikan tanda – tanda seperti seri daerah nomor serta huruf dari motor tersebut. Sehingga prosesnya belangsung sangatlah mudah.

Kemudian adalah membentuk lekukan pada angka – angka serta huruf, sehingga akan membentuk plat yang sudah ditandai tadi. Kemudian selanjutnya adalah mengecatnya dengan warna hitam, tetapi sebelum proses pengecetan dilakukan pengecekan pada kekasaran plat tersebut.

Dengan menggunakan alat yang bernama roughness tester, kita bisa mengukur kekasaran dari plat kendraan tersebut. Sehingga hasilnya akan lebih bagus. Kemudian dicat hitam serta putih pada nomor – nomor kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *