Pengaruh Debu Terhadap Kesehatan

Posted on

Pengaruh Debu Terhadap Kesehatan – Debu adalah komponen kecil berbentuk padat yang memiliki diameter kurang dari 500 mikrometer. Debu biasanya berasal dari sejumlah sumber yang disebarkan melalui angin, gunung meletus maupun pencemaran lainnya. Debu udara dianggap melayang (aerosol) dan bisa menyebabkan radiasi lokal yang berpengaruh terhadap iklim.

Maka dari itu seiring dari perkembangan zaman maka dibuat alat-alat canggih seperti Particle Counter (Penghitung Partikel), alat ini dimanfaatkan sebagai penghitung partikulat udara yang ada sekeliling kita. Dengan pesatnya perkembangan alat ukur dan alat tester, alat ini sudah banyak dijual di beragam media-media online serta perusahaan yang menjual alat ukur dan alat tester.

Pengaruh Debu Terhadap Kesehatan :

  • Iritasi pada pernafasan.
  • Gangguan pada kulit.
  • Iritasi pada mata.
  • Resikon dust explosion dan kebakaran.
  • Merusak penglihatan.
  • Mengakibatkan kerusakan pada peralatan.

Tidak semua debu memberikan dampak bagi kesehatan, hal tersebut tergantung pada faktor-faktor seperti, komposisi debu, konsentrasi debu, mineral, kimia, ukuran dan bentuk partikel debu, lama paparan terkena debu.

Jika terkena paparan debu yang lama maka akan berdampak terjadinya penyakit pernafasan seperti pneumokoniosis, penyakit ini umumnya menyerang sejumlah pekerja tambang. Dan untuk menangani masalah seperti ini bisa memakai masker ataupun saputangan ketika berada di daerah yang berdebu.

Maka dari itu kesehatan merupakan hal terpenting terutama pada perusahaan yang menghasilkan produk farmasi, produk elektronik, laboratorium dan pesawat terbang. Jika lingkungan terlihat bersih dan rapi maka akan mencerminkan kualitas dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Kebersihan dalam hal ini dimaksud debu akan merusak kualitas produk. Beberapa jenis produk yang sensitif terhadap debu seperti elemen elektronika, elemen semikonduktor serta elemen optik. Produk tersebut memerlukan ruangan bebas dari debu artinya ukuran dan jumah debu pada ruangan tersebut harus dijaga.

Jenis perusahaan yang menghasilkan banyak debu dan mencemari lingkungan merupakan seperti konstruksi, agrikultur dan penambangan. Dan pada proses manufaktur debu juga dihasilkan dari berbagai aktivitas seperti crushing, grinding, abrasion. Jumlah debu yang dihasilkan juga tergantung dari jenis proses dan bahan yang akan diproses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *